Rabu, 02 September 2015

Trenggalek kotaku



Kabupaten Trenggalek adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahan berada di Trenggalek kota. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km² yang dihuni oleh ±700.000 jiwa. Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo; Sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung; Sebelah selatan dengan pantai selatan; dan Sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan. Dan memiliki 14 kecamatan yaitu kecamatan Bendungan, Dongko, Durenan, Gandusari, Kampak, Munjungan, Suruh, Pogalan, Trenggalek kota, Tugu, Watulimo, pule, Panggul, karangan. Karena letaknya yang berada di sekitar pegunungan dan berbatasan
langsung dengan samudra hindia menjadikan trenggalek memiliki wisata alam yang sangat luar biasa indahnya. Berikut ini sebagian dari wisata alam kota Trenggalek:


1. Goa Lowo
 
sumber: www.eastjava.com 


Goa Lowo atau Goa Kelelawar terletak didesa Watuagung Kecamatan Watulimo, 30 km arah selatan kota Trenggalek, searah rute ke Pantai Prigi, Pantai Karangggongso ,dan Pantai Damas. Tidak sulit untuk menuju lokasi goaini, karena jalanan yang dilalui relative bagus dan aman, meski harus lewat diantara hutan jati. Goa Lowo memiliki lebar 50M dan tinggi sekitar 20-50M, dan dihiasi dengan dinding yang terbentuk secara alami dan unik.

Luas kawasan ± 20 ha terdiri dari kawasan luar Goa Lowo berupa lahan parkir, badan jalan menuju goa, sarana fasilitas pendukung (Warung makan dan kios, rest area playground, mushola, toilet), utilitas dan hutan jati. Kawasan dalam Goa Lowo terdiri dari jembatan pengunjung, lampu penerangan, rest area, stalaktit dan stalagmit beraneka bentuk yang indah dan menakjubkan dan terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas. Goa Lowo berada pada ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut (dpl) dengan struktur lokasi tanah berbatu kapur dan marmer.
Kegiatan utama di obyek wisata Goa Lowo adalah menikmati panorama stalaktit dan stalagmit di sepanjang 850 meter lorong goa atau 9 ruang utama goa yang didukung panggung hiburan secara berkala berupa band, campursari dan lainnya.
Menurut ahli goa dari Prancis (Mr. Gilbert Manthovani dan Mr. Robert Kingstone Kho pada penelitiannya tahun 1985) menyatakan bahwa Goa Lowo sebagai goa terluas, terpanjang dan terindah di Asia Tenggara.
2. Pantai Prigi
Luas Pantai Prigi adalah ±5 ha dan panjang ± 2 km. Pantai ini terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 69 Km arah selatan Kota Trenggalek. Jalan untuk mencapai Pantai Prigi sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui kecamatan Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km. Jarak dari Bandung ke goa Lowo ± 8km. Setelah sampai pada km 8 masuk goa Lowo, dari badan jalan menuju lokasi masuk sekitar 200 meter.

Jenis transportasi (sepeda motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, MPU jenis colt/ bison tersedia mulai dari simpang tiga Durenan dari terminal kota Trenggalek menggunakan mini bus kecil jurusan Trenggalek -Durenan – Bandung – Watulimo turun di desa Watuagung dengan waktu pelayanan transportasi dari pukul 06.00 s.d 17.00 WIB. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi di Trenggalek, Pantai Prigi juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Nusantara terbesar di pantai selatan Jawa lho bos.
Saat kamu berkunjung ke Pantai Prigi bisa menikmati waktu dengan berenang/ bermain air, berkemah dan olahraga, permainan anak-anak, interaksi dengan nelayan, belanja ikan segar, memancing, tenis atau hanya tinggal di beberapa hotel dekat pantai. Pantai Prigi akan menjadi lebih ramai bila ada upacara labuh laut/ Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.
Upacara ini biasa dilaksanakan setiap hari Minggu pasaran Pon bulan Selo penanggalan Jawa. Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk disini juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara.
Raden Tumenggung Yudha Negara adalah seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.
3. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso berlokasi ±3 km sebelah timur Pantai Prigi, tepatnya terletak di desa Tasikmadu kecamatan Watulimo ±52 km arah selatan kota Trenggalek. Luas Pantai Karanggongso sekitar 4 ha dan panjang 1 km. Gelombang di Pantai Karanggongso relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan mandi. Kamujuga dapat berinteraksi dengan nelayan pada event labuh laut/ Sembonyo yang dilakasanakan setiap bulan Suro penanggalan Jawa.
Jalan menuju Pantai Karanggongso beraspal dengan kondisi baik dan untuk mencapai pantai lokasi pantai kamu dapat melalui kota Trenggalek dan Tulungagung. Bila kamu dari Tulungagung bisa melalui Bandung, kabupaten Tulungagung selanjutnya dari Bandung menempuh jarak ±18 km menuju kecamatan Watulimo.
Bila kamu dari kota Trenggalek bisa melalui terminal dengan menggunakan minibus kode XL jurusan Trenggalek – Durenan – Bandung – Watulimo dan dilanjutkan dengan moda kendaraan umum lokal (colt dan ojek). Dari simpang tiga pantai Prigi lurus sejauh 3 km dengan kondisi jalan relative baik, dengan moda transportasi sepeda motor, mobil, bus dapat mencapai ke lokasi.
Fasilitas yang tersedia di Pantai Karanggongso yakni Cottage, hotel dan perahu sewa, termasuk Prigi hotel dan sebuah hotel milik koperasi Pemerintah Daerah, serta beberapa restoran kecil dan warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman nusantara. Sepanjang Panta
Karanggongso tumbuh pohon-pohon yang rimbun yang menambah udara dingin di pantai pada siang hari.

Dan yang terakhir adalah kuliner khas Trenggalek adalah sbb:

  • Alen-Alen
  • Kue Mancho
  • Sale Pisang
  • Lontong Sompil
  • Rujak Uyup
  • Lodho Ayam Kampung
  • Soto Ayam
  • Sega Gegog
  • Pindang Sapi
Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar